Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online Melalui SMS ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, July 20, 2017

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online Melalui SMS




Setelah kita selalu membahas tentang teknis maka pada artikel kali ini akan menekankan tips membeli mobil bekas dari sisi legalitasnya. Sisi legal merupakan hal yang sangat penting selain kondisi fisik kendaraan itu sendiri, banyaknya kasus pencurian kendaaraan bermotor, pemalsuan STNK dan BPKB membuat kita perlu mewaspadai mobil bekas yang ingin kita beli. Cara yang paling valid adalah dengan melakukan cek fisik di Kantor Samsat di mana STNK dan BPKB mobil tersebut di terbitkan, namun ternyata ada cara yang sederhana dan cepat untuk melakukan cek plat nomor kendaraan yaitu secara online melalui SMS atau internet melalui website.
Cek Nomor Plat Kendaraan lewat Sms

Cek Nomor Plat Kendaraan lewat Sms

Namun sayangnya belum semua daerah mempunyai fasilitas cek plat nomor kendaraan online ini. Sepertinya fasilitas ini masih merupakan inisiatif dari masing-masing Polda untuk memulai sehingga belum seluruh provinsi memiliki fasilitas cek plat nomor online yang tentunya sangat memudahkan masyarakat. Saat ini tercatat baru enam provinsi yang mendukung cek plat nomor kendaraan online, yaitu Polda Metro jaya, Jawa Barat,  Jawa Tengah,  Jawa Timur, Kepulauan Riau dan D.I. Yogyakarta. Namun karena tidak terpusat dalam satu sistem sehingga untuk melakukan cek stnk online atau surat kendaraan ini caranya berbeda-beda.
Berikut ini cara awal untuk memastikan keabsahan legalitas mobil bekas melalui SMS dengan mudah:

    Daerah Jakarta – Polda Metro Jaya

    Untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya dengan plat kendaraan B yang beralamat di Provinsi DKI Jakarta, caranya: METRO<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 1717 Misal akan mengecek nomor polisi B 1234 ABC, maka ketik: METRO B1234SFD  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    Daerah Jawa Barat – Polda Jabar

    Untuk wilayah hukum Polda Jabar plat kendaraan D, Z, T, E  dan F termasuk di dalamnya kendaraan  plat nomor B yang beralamat di Depok dan Bekasi, caranya: poldajbr<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 3977 Misal akan mengecek nomor polisi D 1234 AB, maka ketik: poldajbr D1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    Daerah Jawa Tengah – Polda Jateng

    Untuk wilayah hukum Polda Jateng dengan plat kendaraan G, H, K, R, AA dan AD caranya: jateng<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9600 Misal akan mengecek nomor polisi AD 1234 AB, maka ketik: JATENG AD1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    Daerah Jawa Timur – Polda Jatim

    Untuk wilayah hukum Polda Jatim dengan plat kendaraan L, M, N, P, S, W, AE dan AG, caranya: JATIM<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 7070 Misal akan mengecek nomor polisi L 1234 AB, maka ketik: JATIM L1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    **UPDATE: Saat ini untuk Wilayah Jawa Timur pengecekkan dapat dilakukan via laman web Dispenda Prov Jatim di: www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.
    Daerah Kepulauan Riau – Polda Kepri

    Untuk wilayah hukum Polda Jatim dengan plat kendaraan BP, caranya: KEPRI<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9969 Misal akan mengecek nomor polisi BP 1234 AB, maka ketik: KEPRI BP1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).
    Daerah D.I. Yogyakarta – Polda DIY

    Untuk wilayah hukum Polda DIY dengan plat kendaraan AB, caranya: DIY<spasi>Nomor Polisi     Kirim ke 9600 Misal akan mengecek nomor polisi AB 1234 AB, maka ketik: DIY AB1234AB  (ketik plat nomor tanpa spasi).

Cek STNK Online Dari Hp

Pada pengecekkan melalui SMS kita akan mendapat keterangan tentang merek kendaraan, jenis, warna, tahun, dan masa STNK. Untuk cek stnk online melalui sms akan di kenakan biaya Rp 1000/sms. Jadi jika sudah dapat kendaraan bekas yang cocok, jangan lupa cek melalui SMS, namun memang untuk lebih pastinya sebaiknya datang langsung ke Samsat untuk pengecekan BPKB. Paling tidak bila anda sudah cek melalui SMS atau online dan mendapat keterangan bahwa nomor polisi kendaraan tersebut tidak terdaftar maka sebaiknya segera urungkan niat untuk membeli mobil bekas tersebut atau anda bahkan dapat melaporkan ke pihak berwajib.

Update: pengecekkan melalui sms dan online melalui web saat ini telah dilengkapi info pajak tahunan kendaraan bermotor(PKB), biaya bea balik nama(BBN2) dan biaya asursansi Jasa Raharja(JR). Jadi bagi anda yang ingin mutasi kendaraan bekas saat ini bisa dapat gambaran berapa biaya mutasi yang dikeluarkan. Biaya tersebut adalah biaya yang dibyarakan untuk di SAMSAT kota tujuan mutasi kendaraan dan belum termasuk biaya cabut berkas di SAMSAT kota asal dan biaya biro jasa(jika tidak ingin mengurus sendiri).
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved