Motherboard Pun Juga Perlu Mandi !! ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, August 10, 2017

Motherboard Pun Juga Perlu Mandi !!


ternyata tak hanya manusia saja yang butuh mandi. motherboard atau mainboard pun juga perlu mandi – eiitsss- tapi tidak semua motherboard perlu dimandikan, jika motherboard anda masih dalam performa yang normal sebaiknya jangan ikuti apa yang saya tulis disini.

silahkan coba cara yang pernah saya lakukan , jika motherbooard anda sudah benar-benar rusak dan sudah tidak ada jalan lain untuk membetulkannya.  karena dibawa ketempat servis pun tidak ada jaminan motherboard anda kembali normal. takut terjadi hubungan pendek ? jauhkan pikiran itu, toh harapan hidup si motherboard memang nyaris nol.

langkah-langkah mencuci motherboard berikut ini :
  1. Copot baterai CMOS, chip CMOS, prosesor, dan heatsink beserta kipasnya. Biarkan beberapa hari sampai tidak ada listrik sedikitpun di motherboard.
  2. Bersihkan motherboard tersebut dengan kuas terlebih dahulu. ini untuk membuang kotoran yang terlihat. Usahakan kondisinya benar-benar bersih dulu. INGAT jangan langsung di celupkan ke dalam air.
  3. Jika sudah bersih, sekarang kita mandikan motherboardnya. guyur motherboard dengan air pelan-pelan, lalu masukan kedalam air yang sudah di siapkan. setelah itu, bersihkan motherboard dengan kuas cat yang halus (jangan gunakan sikat,  karena bisa merusak komponen).


  4. Gunakan rinso atau sunlight untuk membersihkan kotoran yang membandel. Pada bagian slot seperti PCI atau AGP sikat dengan kuas sampai bersih.
  5. Jika sudah terlihat bersih, bilas lagi dengan air.
  6. Jemur si motherboard di terik matahari sampai benar-benar kering. kalau rumah anda ada genteng/asbes, jemur saja di atasnya (pasti ada lah ). usahakan pada saat menjemur motherboard diletakkan dalam keadaan miring supaya air yang ada di dalam celah-celah komponen bisa ikutan keluar. saya menjemurnya selama 2 hari.
  7. Jika yakin sudah kering, pasang motherboard tersebut ke dalam casing.

Mungkin ada yang bilang cara ini tidak masuk akal. sebenarnya secara ilmiah hal ini bisa di jelaskan. Ibaratnya anda menaruh sebuah alat elektronika ke dalam kondisi null state. null state adalah kondisi energi dimana listrik tersimpan yang ada dalam solid state (komponen) di netralkan kembali. secara teoritis, sebuah komponen elektronika yang sudah lama di pakai akan mengalami kejenuhan atau sudah penuh muatan elektronis. Nah, saat motherboard di cuci, komponen positifnya hilang atau terurai.Alhasil, komponen tersebut menjadi netral kembali seperti layaknya komponen baru.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved