Cara Membuat Database Dengan XAMPP ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, September 7, 2017

Cara Membuat Database Dengan XAMPP

Pengembangan Layanan IT - Database adalah data sistem yang dibuat untuk mengorganisasi dengan mudah. Database terdiri dari sekumpulan data yang terorganisir untuk satu penggunaan atau lebih dalam bentuk digital. Konsep dari database ini berupa kumpulan data yang saling berhubungan  antara satu dengan lainnya yang dihubungkan dengan skema atau struktur tertentu.

Beberapa aplikasi database diantaranya adalah : MySql, SQL Server, MS. Access, Oracle, dan PostgreSql. Nah, saat ini, aplikasi database yang paling populer adalah MySql. Oleh karena itu, semua hal yang menyangkut database yang akan dibahas di intutoko, akan menggunakan MySql.
  1. Langkah pertama bukalah XAMPP yang telah diinstall, lalu kliklah tombol start pada Apache dan MySql. Jika belum tahu mengenai cara melakukan instalasi XAMPP, bacalah terlebih dahulu artikel Cara Install XAMPP.


  2. Setelah itu, bukalah browser pada laptop / komputer Anda, lalu ketikkan localhost/phpmyadmin pada url barnya.


  3. Selanjutnya, untuk membuat database baru, kliklah tombol New yang terdapat di sebelah kiri. Isilah kotak yang berada di bawah Create database dengan nama database yang ingin Anda buat, lalu tekan tombol Create yang ada di sebelah kanannya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.



  4. Setelah itu, berarti database Anda sudah selesai dibuat, dan akan dimunculkan tampilan dari database baru yang telah Anda buat.


  5. Setelah database berhasil dibuat, selanjutnya kita akan membuat user untuk database tersebut. Kliklah pada tab Priveleges, dan klik tombol Add User Account.


    Perlu diketahui, database yang dibuat dan yang ada di PhpMyAdmin, telah ada username defaultnya, yaitu username : root dengan password : kosong.
  6. Selanjutnya, kita tiba pada pengisian data untuk user yang akan dibuat. Perhatikanlah gambar di bawah ini.



    Ket:
    Username : isi dengan nama user yang ingin Anda buat
    Password  : isi dengan password untuk user yang Anda buat
    Re-type     : isi kembali dengan password Anda tadi
    Pastikan telah ada tanda centang pada bagian Grant all privileges on database "(user Anda)"
  7. Selanjutnya, scroll kebawah dan centang pada check all, maka semua pilihan yang ada pada bagian tersebut tercentang secara otomatis.


  8. Selanjutnya, arahkan lagi scrool Anda ke bawah, lalu tekan Go.


  9. Dengan demikian, telah sukselah pembuatan user untuk database yang telah dibuat. Ditandai dengan ditampilkannya tampilan seperti pada gambar di bawah ini.


Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved