Cara Mengubah Hard Disk Internal Menjadi Eksternal ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, January 18, 2018

Cara Mengubah Hard Disk Internal Menjadi Eksternal

Pengembangan Layanan IT - Secara Umum harddisk terbagi menjadi dua, yakni harddisk internal dan eksternal. Penempatan Harddisk Internal biasanya menyatu dalam satu perangkat komputer seperti memory internal pada Handphone. tanpa harddisk internal maka komputer tidak akan bisa digunakan, karena semua data windows tersimpan di harddisk. Sedangkan Harddisk eksternal fungsinya sama seperti flashdisk yang bebas dipasang dan dicopot dari perangkat komputer.

Bagaimana cara merubah Harddisk Internal menjadi HDD Eksternal atau Harddisk Portable yang bisa dihubungkan via kabel USB ? Bila memiliki Harddisk Komputer yang tak terpakai namun masih berfungsi dengan baik (tidak rusak), anda bisa memanfaatkannya menjadi Harddisk Eksternal, yaitu sebuah media penyimpanan portable seperti flashdisk atau Harddisk Portable yang bisa dihubungkan ke komputer atau perangkat game (misal PlayStation 3).
Proses pengubahan harddisk internal menjadi eksternal / harddisk portable ini tidak sesulit yang dibayangkan, kita hanya membutuhkan sebuah alat penghubung data yang bernama USB 2.0 to SATA IDE Cable atau kabel USB to SATA IDE.

Cara Mengubah Hard Disk Internal Menjadi Eksternal, adalah sebagai berikut :
  • Silahkan beli kabel Usb 2.0 to SATA ditoko komputer terdekat. Model dan harganya bermacam macam. dikisaran Rp.40.000 sampai dengan Rp.100.000. admin sendiri beberapa waktu yang lalu membeli dengan harga Rp.50.000, dengan model seperti ini :Cara Mengubah Hard Disk Internal Menjadi Eksternal
  • Hubungkan kabel Usb 2.0 yang baru dibeli ke harddisk yang akan dijadikan hard disk internal.
  • Setelah Harddisk terhubung ke kabel Usb 20 to SATA, Kemudian silahkan colokkan kabel yang lain ke port Usb komputer.
  • Apabila HDD anda masih normal, maka dikomputer tersebut akan terbaca devices baru.
  • Selesai.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved