Tips Jitu Membuat Surat lamaran yang Menarik dan Pasti Dierima 100% ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Monday, February 12, 2018

Tips Jitu Membuat Surat lamaran yang Menarik dan Pasti Dierima 100%

Pengembangan Layanan IT - Membuat lamaran pekerjaan adalah pekerjaan yang hampir tiap hari dilakukan oleh sebagian orang yang sedang  dalam status menganggur, berkali-kali kita sudah mencoba untuk mengirikman surat Lamaran pekerjaan tapi tak kunjung mendapat panggilan, apa yang salah? mungkin kita bertanya-tanya apakah yang salah dengan permohonan lamaran pekerjaan yang kita ajukan. Apakah sesulit ini untuk mencari pekerjaan di indonesia? kirim lamaran sana-sini tapi tidak mendpatkan panggilan. jika ini adalah masalah anda, tentulah ada hal yang salah, ada hal yang anda lakukan yang tidak efektif dan berdampak pada pengabaian pihak perusahaan kepada pengajuan yang ada berikan. bagaimana solusinya? tentulah tuhan tidak akan memberikan kesulitan tanpa adanya solusi, kita hanya diminta untuk memikirkan apa solusi dari masalah kita, apa yang harus kita perbaiki, pasti kita akan mendapatkan jalan, nah kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik sehingga tidak akan ada lagi pengabaian dari pihak perusahaan.

Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Sering kali Surat Lamaran yang kita ajukan tak sampai ke tangan pihak HRD perusahaan, atau Surat Lamaran sampai ketangan HRD tapi dengan keadaan yang terlipat-lipat, lusut, sobek dll. nah hal ini yang menyebabkan anda tidak mendapatkan panggilan kerja. Membuat surat lamaran pekerjaan tentulah harus sempurna, atau mendekati lah.. karna surat lamaran yang anda kirimkan adalah kesan pertama yang dilihat dari diri anda, sebelum memutuskan untuk melakukan proses interview. Kenapa membuat lamaran pekerjaan harus sempurna? karna anda mendapatkan banyak saingan, tidak jarang 1 lowongan(posisi) diperebutkan puluhan, sampai ratusan orang, tentulah anda harus memberikan yang terbaik. Setiap orang yang menginginkan posisi yang ditawarkan tentulah akan menggunakan segala cara agar mendapatkan pekerjaan tersebut. Terlepas dari semua hal tersebut, lamaran pekerjaan yang menarik itu seperti apa? nah saya akan menjelaskan kepada anda secara detail lamaran pekerjaan yang menarik tersebut.

Banyak faktor yang harus anda lakukan agar surat lamaran yang diajukan sampai ke tangan HRD dengan keadaan yang utuh, tidak lecet sedikitpun.

1. Envelope (amplop)

Terkadang kita menyepelekan hal ini, padahal hal ini yang sangat menentukan kesan pertama dari surat lamaran anda, amplop yang seperti apa yang memenuhi syarat dan yang menarik, tentunya amplop yang tidak murahan, tidak terlalu banyak warna karna akan terlihat terlalu ramai, sehingga pembaca merasa agak risih, saya menyarankan anda untuk menggunakan jenis amplop sedang dengan ukuran 22cm x 30cm dengan warna coklat polos, dan mengkilat(licin). karna amplop jenis ini lebih praktis dibandingkan dengan jenis amplop yang lain dan juga lebih simpel(menarik), jangan sekali-kali menggunakan amplop ukuran besar, karna tidak praktis yang mengakibatkan lamaran pekerjaan anda akan dilipat-lipat oleh satpam, karna terlalu risih dengan ukuran yang besar. pilihlah amplop yang menggunakan perekat lem, hindari menggunakan amplop yang menggunakan tali, hal ini tidak efektif dilakukan, karna akan terlihat ribet, dan juga gampang dibuka, sehingga orang lain yang tidak berkepentingan akan dengan mudah membuka dokumen anda.

contoh amplop ukuran sedang coklat polos
usahakan menggunakan amplop dengan kualitas yang tinggi, jangan memikirkan ini lebih murah, itu lebih murah, karna itu akan mencerminkan siapa diri anda. bukan dari jenis ukuran saja yang berpengaruh tapi dari segi tampilan juga berpengaruh, contohnya usahakan jangan menggunakan amplop jenis ini ketika anda melamar pekerjaan karna tidak efektif. karna amplop jenis ini tidak simpel.

2. Label Alamat

Surat lamaran pekerjaan tentulah harus terlihat elegan, dan tidak murahan, label alamat juga memiliki pengaruh besar dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan, hindari penggunaan tulis manual pada label alamat, atau anda menggunakan kertas HVS yang dicetak kemudian di lem, nah ini tidak baik kita lakukan, sebaiknya anda menggunakan kertas Stiker, Premium Glossy Sticker. Karna ini lebih efektif dan praktis, kita tinggal cetak dan tempelkan ke dalam amplop layaknya kita memasang stiker ke motor kita. so very-very simpel but very important. bagaimana format pembuatan label alamat nah silahkan lihat gambar yang ada dibawah ini.

Keterangan :
A = (Posisi yang akan kita ajukan, contoh : Admin,sales,dll)
ketentuan : ukuran font antara 16 - 20, Teks Tebal(Bold), huruf(Kapital)
B = (Alamat Perusahaan, alamatkan pada Manager Personalia/HRD)
ketentuan : ukuran font=14, jenis font=Times New Roman(diusahakan)
C = (Alamat kita sendiri )
ketentuan : pada nama ukuran 14, alamat ukuran=12, huruf miring(italic)

3. Foto Diri

Foto merupakan penampakan dari diri kita, karna setelah amplop tersebut dibuka, maka yang akan dilihat pertama kali adalah foto anda, bukan masalah ganteng/ cantik, namun kesan dari foto tersebut yang akan mempengaruhi isi dari lamaran pekerjaan tersebut. Foto yang dianjurkan adalah foto yang Profesional, nah seperti apakah foto yang profesional tersebut, foto profesional adalah cerminan dari keseriusan kita, maka pintar-pintarlah membuat foto diri ini, jangan membuat foto yang kita suka, tapi buatlah foto yang akan membuat orang lain berkesan. apakah kriteria foto yang profesional? foto profesional memiliki beberapa kriteria yakni, wajah antusias, Berdasi, menggunakan jas, berpakaian yang menunjukkan kualitas, ukuran 4x6, dan menggunakan background yang elegant contohnya : merah dan biru. seperti apa foto profesional tersebut, perhatikan gambar dibawah ini :

contoh foto profesional
Hindari penggunaan warna latar yang terlalu cerah atau terlalu flat, dan usahakan ketika anda melakukan pengambilan foto, wajah anda fresh dan terlihat rapi. jangan sampai kita dalam mengambil foto diri seadanya, atau semau kita contohnya seperti ini :

contoh foto berlatar warna yang cerah(ngejreng), tidak disarankan
itulah contoh penggunaan foto profesional, yang perlu kita fahami, sehingga apa yang kita buat, itu bisa berkesan bagi dan menunjukkan kualitas diri kita, karna surat lamaran pekerjaan yang berkualitas tinggi, menunjukkan keseriusan kita.

4. Surat Lamaran

Berikutnya yang harus kita persiapkan dengan benar adalah Surat lamaran, karna surat lamaran inilah yang menjadi faktor utama diterima atau tidaknya anda/ dipanggil atau tidaknya. Perusahaan akan sangat selektif, Amplop, foto diri, label alamat hanya tampilan luar saja, untuk menarik minat untuk membaca, namun hal  yang paling utama dalam membuat lamaran pekerjaan yakni Surat Lamaran itu sendiri. bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan benar? Saya sendiri sudah banyak sekali membuat surat lamaran, karna saya pun juga pernah berpindah instansi/ perusahaan. namun, saya tidak menemukan kesulitan, karna saya mempersiapkannya dengan sangat matang, semua hal yang terlihat sepele pun saya persiapkan dengan baik. karna saya menginginkan sebuah kesan yang sangat positif dari pihak perusahaan itu sendiri. dan saya akan berbagi kepada anda tips untuk membuat surat lamaran pekerjaan  yang efektif dan tentunya menarik.

Mengapa perusahaan memutuskan untuk memilih  kita?? pastinya ada alasan kuat mengapa hal itu bisa terjadi, faktornya adalah :
  • Kita memiliki kapabilitas yang tidak diragukan lagi.
  • Skill yang kita miliki sangat dibutuhkan di instansi tersebut.
  • Kita sudah memiliki pengalaman kerja.
  • Karna kita memiliki keseriusan dalam melamar kerja(mungkin ini akan dipertimbangkan oleh perusahaan).
  • Memiliki riwayat yang baik sebagai seorang pegawai(tidak pernah mendapatkan Black List dari perusahaan lain) dengan kata lain kita memiliki Etika yang baik dalam bekerja.
tentunya masih banyak lagi pertimbangan yang diambil oleh perusahaan tersebut. usahakan jelaskan semua hal tentang diri kita kepada perusahaan. membuat surat lamaran yang baik tentulah membutuhkan kerja yang lebih, tapi ini akan lebih efektif untuk kita lakukan. format dari surat lamarannya pun harus kita perhatikan, berikut saya bagikan format surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Format Surat Lamaran Pekerjaan
1. ukuran kertas
    a. Kertas yang digunakan haruslah kertas yang tebal dengan kualitas tinggi.
    b. Ukuran Kertas Kwarto(28 X 21,5) 80gr. HVS 80Gram.
    c. Usahakan berwarna putih.
2. Hal yang penting kita sematkan
    a. melamar pekerjaan tertentu(posisi yang jelas)
    b. Jual Diri (IPTEK, Skill, Personality Defelopment)
    c. Ucapan terima kasih, dan mintalah untuk dikabari pada tahap selanjutnya.
    d. Max 1 halaman tidak boleh lebih.

 Hal yang harus dihndarkan ketika Membuat surat lamaran
  • Jangan melamar pekerjaan yang kita tidak akan mampu menjalaninya (bukan bidang kita)
  • Mengirim surat dengan Tulisan tangan atau Foto copy.
  • Melamar untuk pekerjaan apapun (harus spesifik).
  • Menggunakan kata-kata Bombastis/ Asing(sebaiknya pakailah bahasa indonesia yang baik)
  • Mengeluh mengenai pekerjaan, atasan perusahaan yang lalu untk memancing rasa belas kasihan, misal masalah keluarga/ pribadi. (jelaskan saja apa potensi dalam diri anda.
  • Berkomentar langsung mengenai karakter kita (hindari menjelaskan mengenai karakter diri).
jika kita sudah mengirimkan surat lamaran pantau perkembangan dari surat lamaran yang anda kirim kan tersebut, usahakan handphone hidup 24 jam. untuk contoh surat lamaran bisa anda download saya menyediakan dalam format PDF - Download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan - atau bisa membaca di artikel saya mengenai - Cara membuat lamaran pekerjaan yang baik dan benar -.

5. CURRICULUM VITAE ( Daftar Riwayat Hidup )

Curiculum Vitae(daftar riwayat hidup) adalah Biodata diri dan riwayat perjalanan hidup kita, namun hal ini lebih spesifik ke masalah pendidikan, organisasi, dan riwayat perusahaan tempat kita bekerja kita dahulu, hal ini untuk mengetahui apakah kita masuk ke dalam kriteria yang ditentukan oleh perusahaan atau tidak. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi tersendiri untuk menerima calon karyawan, banyak penilaian yang diambil seperti : kesehatan, pendidikan, Skill, riwayat organisasi, riwayat pekerjaan dll. hal tersebut merepresentasikan siapa diri kita yang sebenarnya. ada 4 hal yang kita akan gunakan dalam hal ini.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved