Ini 5 Alasan di Balik PC Lemot ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Tuesday, May 16, 2017

Ini 5 Alasan di Balik PC Lemot

Saat ini, komputer telah menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya bagi mereka yang memang bekerja di bidang yang selalu bersentuhan dengan komputer seperti pekerja kantoran, pekerja bank, dan PNS, programmer, mahasiswa dan masih banyak lagi pekerjaan lagi yang memang membutuhkan perangkat komputer.


Namun, terkadang ketika sedang berhadapan dengan komputer (atau laptop), kita sering sekali mengalami masalah terkait dengan performa komputer yang terkadang sangat lambat sehingga menghambat pekerjaan dan bikin emosi. Mungkin beberapa dari kita akan menganggap kalau masalah tersebut terjadi karena faktor usia komputer yang sudah lama atau karena komputer tersebut jarang dibersihkan.

Mungkin kedua alasan di atas ada benarnya, namun sebenarnya terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan komputer kalian menjadi sangat lambat. Apa saja faktor-faktor yang dimaksud dan bagaimana mengatasinya? Simak pembahasan tentang faktor yang dapat membuat komputer lambat dan cara mengata


1. Hard Disk Yang Terdefragmentasi




Faktor pertama yang menyebabkan suatu komputer menjadi sangat lambat adalah karena faktor hard disk kalian yang terdefragmentasi sehingga menyebabkan proses pembacaan data pada partisi hard disk kalian menjadi lambat.


Dalam melakukan proses pembacaan dan pencarian data, sistem komputer akan mencari data yang tersimpan pada hard disk menggunakan sistem indeks sehingga jika kalian tidak pernah melalukan defragmentasi hard disk, maka data yang tersimpan di hard disk kalian akan berhamburan sehingga ketika diakses, akan membutuhkan proses yang lebih lama.



Untuk mengatasinya, kalian wajib melakukan defragmentasi Hard Disk setidaknya satu atau dua minggu sekali. Cukup ketik Disk Defragmenter pada Start Menu dan buatlah penjadwalan defragmentasi Hard Disk kalian.


2. Faktor Browser Yang Terlalu Berat



Faktor lain yang juga dapat menyebabkan komputer kalian lambat adalah faktor browser. Ketika kalian membuka browser, tentunya kalian cenderung membuka banyak sekali tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus. Nah, memang hal tersebut akan mempermudah kalian mendapatkan banyak informasi sekaligus namun hal tersebut juga akan memberikan beban yang lebih besar pada RAM komputer kalian.


Bayangkan saja jika kalian membuka 10 tab secara bersamaan, tentunya beban pada RAM komputer kalian juga akan menjadi sangat banyak, belum lagi jika kalian menggunakan browser kelas berat seperti Google Chrome yang bisa memakan hingga 500 MB RAM padahal kalian hanya membuka 4-5 tab saja atau jika kalian menjalankan dua browser berbeda sekaligus.


Untuk mengatasi masalah seperti ini, usahakan kalian jangan terlalu banyak membuka tab ketika sedang menggunakan browser dan sangat saya sarankan jangan menggunakan browser Google Chrome jika RAM kalian hanya berkisar 1-2 GB saja.


3. Terlalu Banyak Temporary Files



Sebenarnya temporary files bisa sangat berguna untuk mempercepat akses kalian ke data situs yang sudah pernah kalian kunjungi, namun ibarat pisau bermata dua, temporary files juga dapat menyebabkan komputer kalian menjadi lambat.


Misalnya, jika hard disk kalian sudah hampir penuh, keberadaan temporary files ini akan memakan ruang hard disk yang harusnya tersisa untuk digunakan sebagai page file agar dapat membantu RAM kalian menjalankan berbagai program.



Untuk mengatasi masalah seperti ini, kalian bisa menggunakan sejumlah aplikasi untuk membersihkan temporary files pada komputer kalian misalnya CCleaner.


4. Terlalu Banyak Aplikasi Start-Up


Ketika kalian merasa kalau start-up komputer kalian sangatlah lambat dan terkadang memakan waktu hingga 2-3 menit ditambah dengan masalah loading time yang begitu lama ketika membuka aplikasi sesaat setelah start-up pada komputer kalian, bisa dipastikan penyebab utama dari masalah tersebut adalah banyaknya aplikasi yang berjalan saat proses start-up.



Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan saat start-up, RAM kalian akan bekerja ekstra keras untuk mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat start-up tersebut sehingga tentu saja hal tersebut akan membuat RAM sangat terbebani.


Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu mematikan sejumlah start-up program yang berjalan secara default pada komputer kalian dengan mengetikkan msconfig pada start menu kemudian pilih tab start-up dan matikan beberapa program start-up yang memakan banyak RAM seperti Tune-Up Utilities jika ada.


5. Infeksi Malware


Jika setelah mengecek 4 faktor di atas dan kalian telah melakukan tindakan penyelesaian seperti yang saya jelaskan di atas namun komputer kalian masih tetap lambat, maka bisa disimpulkan kalau komputer kalian telah terinfeksi malware yang berjalan di background sistem komputer kalian sehingga menggangu kinerja dari komputer kalian.



Untuk mengatasi masalah malware ini sendiri, kalian bisa menggunakan beberapa anti-virus dengan reputasi bagus'


Itulah tadi 5 faktor penyebab komputer kalian menjadi lambat dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Pastikan kalian selalu menjaga kesehatan komputer kalian dengan melakukan defragmentasi dan scanning menggunakan anti-virus secara rutin dan pastikan kalian rutin membersihkan temporary files pada komputer kalian untuk menghindari masalah komputer lambat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved