Laporan Hasil Kunjungan Industri Ke RRI Jakarta Pusat ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, February 14, 2019

Laporan Hasil Kunjungan Industri Ke RRI Jakarta Pusat



BAB. 1 
PENDAHULUAN

I. Latar belakang
Radio merupakan alat yang mutlak diperlukan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk berhubungan dan memberi tuntunan kepada rakyat, apa yang harus dikerjakan. Besarnya tugas dan fungsi RRI yang diberikan oleh negara melalui UU no 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, PP 11 tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik, serta PP 12 tahun 2005, RRI dikukuhkan sebagai satu-satunya lembaga penyiaran yang dapat berjaringan secara nasional dan dapat bekerja sama dalam siaran dengan lembaga penyiaran Asing.

Sejarah Radio Republik Indonesia bermula sejak pendiriannya secara resmi pada tanggal 11 September 1945, oleh para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radioJepang di 6 kota. Rapat utusan 6 radio di rumah Adang Kadarusman Jalan Menteng Dalam, Jakarta. Sehingga menghasilkan keputusan mendirikan Radio Republik Indonesia dengan memilih dr. Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum RRI yang pertama.

 II. Tujuan
  • Mengetahui Sejarah perkembangan Stasiun Radio RRI .
  • Mempelajari proses kerja atau tatacara untuk menjadi broadcaster radio yang baik

III. Manfaat

Kunjungan ke Stasiun Radio RRI diharapkan untuk mahasiswa dalam pemahaman ilmu broadcasting yang ada di radio RRi dan juga memperdalam pengalaman selama kunjungan berlangsung hingga sampai selesai.

IV. Lokasi

Gedung radio RRI Jl. Medan Merdeka Barat 4-5 Jakarta 10270, Indonesia.

Telp : +62 21 384 9091
  

BAB. 2 
PEMBAHASAN

I. Profil

Berawal dari sejarah RRI, bermula sejak pendiriannya secara resmi pada tanggal 11 September 1945, oleh para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radioJepang di 6 kota. Rapat utusan 6 radio di rumah Adang Kadarusman Jalan Menteng Dalam, Jakarta. Sehingga menghasilkan keputusan mendirikan Radio Republik Indonesia dengan memilih dr. Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum RRI yang pertama. RRI adalah satu-satunya radio yang menyandang nama negara yang siarannya ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara. RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan tidak komersial yang berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial, serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional. RRI memiliki Visi dan misi yaitu: 

Visi : Menjadikan LPP RRI radio berjaringan terluas, pembangun karakter bangsa, berkelas dunia Misi
  • Memberikan pelayanan informasi terpecaya yang dapat menjadi acuan dan ssarana kontrol sosial masyarakat dengan memperhatikan kode etik jurnalistik/kode etik penyiaran.
  • Mengembangkan siaran pendidikan untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan memberdayakan serta mendorong kreatifitas masyarakat dalam kerangka membangun karaktek bangsa.
  • Menyelenggarakan siaran yang bertujuan menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, memberikan hiburan yang sehat bagi keluarga, membentuk budi pekerti dan jati diri bangsa di tengah arus globalisasi.
  • Menyelenggarakan program siaran berperspektif gender yang sesuai dengan budaya bangsa dan melayani kebutuhan kelompok minoritas.
  • Memperkuat program siaran di wilayah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI
  • Meningkatkan kualitas siaran luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra positif bangsa.
  • Meningkatkan partisipasi publik dalam proses penyelenggaraan siaran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi program siaran.
  • Meningkatkan kualitas audio dan memperluas jangkauan siaran secara nasional dan internasional dengan mengoptimalkan sumberdaya teknologi yang ada dan mengadaptasi perkembangan teknologi penyiaran serta mengefisienkan pengelolaan operasional maupun pemeliharaan perangkat teknik. 
  • Mengembangkan organisasi yang dinamis, efektif, dan efisien dengan sistem manajemen sumber daya (SDM, keuangan, asset, informasi dan operasional) berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan tata kelola lembaga yang baik ( good corporate governance) 
  • Meningkatkan kualitas siaran luar negeri dengan program siaran yang mencerminkan politik negara dan citra positif bangsa.
  • Memberikan pelayanan jasa-jasa yang terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan asset negara secara profesional dan akuntabel serta menggali sumber-sumber penerimaan lain untuk mendukung operasional siaran dan meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Peran dalam Pemberdayaan Masyarakat : RRI menyelenggarakan siaran pemberdayaan masyarakat di semua lapisan masyarakat melalui siaran pedesaan, nelayan, wanita, anak-anak, siaran lingkungan hidup, kewirausahaan, teknologi tepat guna, kerajinan, perdagangan, pertanian, koperasi, industri kecil dll.

Peran RRI sebagai Pelestari Budaya Bangsa: Seluruh RRI wajib menyelenggarakan siaran seni dan budaya daerah seluruh indonesia secara konsisten dan tidak pernah berhenti seperti siaran ketoprak,wayang orang, wayang golek, madihin, saluang dan budaya minang lainnya, budaya bugis, dan budaya daerah-daerah lainnya.

Peran RRI sebagai media pendidikan: RRI menyelenggarakan siaran pendidikan dari Taman Kanak-Kanak sampai Mahasiswa. RRI menyelenggarakan Pekan Kreatif dengan mengadakan lomba kreatif remaja seperti lomba cipta lagu, lomba cipta design , lomba IT, lomba band indie, bintang radio, pekan tilawatil quran. Disamping itu juga menyelenggarakan siaran pendidikan social masyarakat, seperti siaran wanita, siaran pedesaan, siaran KB dll.

II. Proses Kegiatan

  1. Persiapan berangkat dari kampus menuju gedung RRI 
  2. Membuat planning tatakerja sebelum kegiatan berlangsung 
  3. Menjadi Audience pada saat bercerita mengenai sejarah terbentuknya RRI dan proses kerja selama berada di RRI. 
  4. Kegiatan berkeliling seputar lokasi RRI mulai dari studio on air sampai ke editing.
  5. .Mencatat dan menyimpulkan dari hasil kunjungan RRI.
  6. Meninggalkan Lokasi Gedung RRI.


III. Hasil Yang Diperoleh

  1. Mencatat hasil dari perkembangan Sejarah RRI, yaitu dapat membangkitkan rakyat Indonesia untuk berkomunikasi dalam kemajuan social budaya dan tidak lupa dengan teknologi, kita juga berterima kasih kepada media lainnya yang berusaha mencari dan menginfokan kejadian dan sumber-sumber yang telah disampaikan dan kemudian disiarkan melalui radio, tentunya RRI Surabaya.
  2. Mencatat dan dapat memahami, yaitu Mendapatkan Ilmu dan Informasi dari salah satu narasumber RRI yaitu bagaimana kita harus menjadi penyiar radio yang baik dan benar agar masyarakat dapat mengerti dan menerima informasi yang kita siarkan karena semua butuh proses dan belajar untuk menambah pengalaman dalam penyiaran.
  3. Mencatat kemudian mempraktekkan Proses kerja atau kegiatan yang ada di RRI dalam perjalanan keliling seputar RRI.


BAB. 3 
PENUTUP

I. Kesimpulan

Dengan melakukan kenjungan ke Gedung RRI kita dapat mengerti bagaimana sejarah perkembangan RRI dan proses kerja bagaimana tatacara penyiaran serta tips bagaimana menjadi Penyiar radio yang baik dan benar. RRI memiliki latar belakang yang sangat bersejarah karena telah berdiri sejak lama, usianya lebih tua dibandingkan dengan usia kita sekarang ini.

II. Saran
  1. Pengolahan kata pada saat presentasi cukup baik, tetapi ada kalanya tetap ada pendekatan pada anak didik yang telah bersedia mendengar dan menyimak apa yang disampaikan agar lebih paham karena menurut saya presentasinya sangat membosankan.
  2. Penyambutan yang baik, ada kalanya juga pada saat penyambutan, kehadiran narasumber dan para dosen pebimbing masih belum sempurna karena kedatangan masih belum ditentukan, pada saat itu, si penyambut masih bertanya kepada salah satu mahasiswa mengenai dosen yang datang ada berapa, itu berarti masih belum ada kesiapan antara tamu dengan penyelenggara.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved