Profil Radio Republik Indonesia "RRI" Jakarta Pusat ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Thursday, February 14, 2019

Profil Radio Republik Indonesia "RRI" Jakarta Pusat

Pengembangan Layanan IT - Radio Republik Indonesia (RRI) adalah jaringan radio negara Indonesia. Organisasi ini adalah layanan penyiaran publik. Ini adalah stasiun radio nasional yang mengudara di seluruh Indonesia dan luar negeri untuk melayani semua warga negara Indonesia di seluruh negara dan di luar negeri. RRI juga memberikan informasi tentang Indonesia kepada orang-orang di seluruh dunia. Voice of Indonesia adalah divisi untuk penyiaran di luar negeri. RRI didirikan pada 11 September 1945. Kantor pusatnya berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat di Jakarta Pusat. Jaringan berita nasional Pro 3 disiarkan pada 999 kHz AM dan 88,8 MHz FM di wilayah Jakarta dan diteruskan oleh satelit dan FM di banyak kota di Indonesia. Tiga layanan lain ditransmisikan ke wilayah Jakarta: Pro 1 (radio regional), Pro 2 (radio musik dan hiburan), dan Pro 4 (radio budaya). Stasiun regional beroperasi di kota-kota besar di seluruh negeri, menghasilkan program lokal serta menyampaikan berita nasional dan program lainnya dari RRI Jakarta.

RRI adalah satu-satunya radio yang menyandang nama negara yang siarannya ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara. RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan tidak komersial yang berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial, serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional.

Besarnya tugas dan fungsi RRI yang diberikan oleh negara melalui UU no 32 tahun 2002 tentang Penyiaran, PP 11 tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik, serta PP 12 tahun 2005, RRI dikukuhkan sebagai satu-satunya lembaga penyiaran yang dapat berjaringan secara nasional dan dapat bekerja sama dalam siaran dengan lembaga penyiaran Asing.

Dengan kekuatan 99 stasiun penyiaran terdiri dari : 1 satker tipe A, 30 satker tipe B, 34 satker tipe C, Pusat Pemberitaan dan SLN serta 32 Studio Produksi.


PRINSIP LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK:
  • LPP ADALAH LEMBAGA PENYIARAN UNTUK SEMUA WARGA NEGARA

  • SIARANNYA HARUS MENJANGKAU SELURUH WILAYAH NEGARA

  • SIARANNYA HARUS MEREFLEKSIKAN KEBERAGAMAN

  • SIARANNYA HARUS BERBEDA DENGAN LEMBAGA PENYIARAN LAINNYA

  • LPP HARUS MENEGAKKAN INDEPENDENSI DAN NETRALITAS

  • SIARANNYA HARUS BERVARIASI DAN BERKUALITAS TINGGI

  • MENJADI FLAG CARRIER DARI BANGSA INDONESIA

  • MENCERMINKAN IDENTITAS BANGSA

  • PEREKAT DAN PEMERSATU BANGSA


VISI LPP RRI:

Terwujudnya RRI Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Yang Terpercaya Dan Mendunia

MISI LPP RRI

Menjamin terpenuhinya hak warga Negara terhadap kebutuhan Informasi yang objektif dan independen sehingga memberikan kepastian dan rasa aman kepada warga Negara, serta menjadi referensi bagi pengambilan keputusan.


Menjamin terpenuhinya hak warga Negara terhadap pendidikan melalui siaran yang mencerdaskan dan hiburan yang sehat serta berpihak kepada kelompok rentan ( pengungsi, orang terlantar, pekerja migran, pribumi, anak, perempuan, minoritas dan suku terasing ) serta disable.

Memperkuat kebhinekaan melalui siaran budaya yang mencerminkan identitas bangsa.

Menjamin siaran yang mudah diakses sehingga kehadiran Negara dalam pelayanan Informasi dirasakan oleh seluruh warga Negara.

Menghadirkan siaran di daerah perbatasan, terpencil, terluar dan pesisir sebagai representasi Negara dalam konteks menjadikan daerah pinggiran sebagai pusat aktivitas kultural

Menyelenggarakan siaran luar negeri untuk mempromosikan budaya beserta Ideologi Indonesia dan menghadirkan kebudayaan dunia ke Indonesia.

Menjamin penyelenggarakan LPP RRI dengan tatakelola yang sesuai dengan prinsip good public governance.

Melibatkan partisipasi public dalam pengelolaan LPP RRI.

Mengembangkan SDM yang mendukung kebutuhan Lembaga Penyiaran Publik yang terpercaya dan termuka

Mengembangkan strategi komunikasi dan promosi serta memperluas jejaring kemitraan dengan berbagai lembaga atau Instansi dalam dan luar negeri demi memperkuat keberadaan LPP RRI.

Mengoptimalkan potensi yang dimiliki RRI sebagai sumber pendapatan yang dijamin oleh aturan perundangan untuk memperkuat keberadaan LPP RRI.

TUGAS POKOK LPP RRI

Memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, serta melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan penyiaran radio yang mengjangkau seluruh wilayah NKRI. (PP.12/2005. Ps. 4).

Tugas LPP RRI dalam melayani seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah NKRI tidak bisa dilayani dengan satu programa saja, oleh karena itu RRI menyelenggarakan siaran dengan 4 programa:

  • Pro 1: Pusat siaran pemberdayaan masyarakat

  • Pro 2: Pusat siaran kreatifitas anak muda

  • Pro 3: Pusat siaran jaringan berita nasional dan kantor berita radio

  • Pro 4: Pusat siaran budaya dan pendidikan

VOI: Citra & Martabat bangsa didunia internasional siaran setiap hari dengan 8 bahasa asing

Studio Produksi LN: Jembatan informasi Indonesia - LN dan LN - Indonesia

Sebagai sumber informasi terpercaya sesuai dengan prinsip lembaga penyiaran publik, dalam menyelenggaran siaran RRI berpedoman pada nilai-nilai standar penyiaran :
  • Siaran bersifat independet dan netral

  • Siaran harus memihak pada kebenaran

  • Siaran memberi pemahaman

  • Siaran mengurangi ketidakpastian

  • Siaran berpedoman pada pancasila, UUD 1945 dan kebenaran, serta peraturan yang lainnya.

  • Siaran harus memihak hanya kepada kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia

  • Siaran harus menjaga persatuan, kesatuan dan Kedaulatan NKRI


Peran dalam Pemberdayaan Masyarakat:
RRI menyelenggarakan siaran pemberdayaan masyarakat di semua lapisan masyarakat melalui siaran pedesaan, nelayan, wanita, anak-anak, siaran lingkungan hidup, kewirausahaan, teknologi tepat guna, kerajinan, perdagangan, pertanian, koperasi, industri kecil dll.

Peran RRI sebagai Pelestari Budaya Bangsa:
Seluruh RRI wajib menyelenggarakan siaran seni dan budaya daerah seluruh indonesia secara konsisten dan tidak pernah berhenti seperti siaran ketoprak,wayang orang, wayang golek, madihin, saluang dan budaya minang lainnya, budaya bugis, dan budaya daerah-daerah lainnya.

Peran RRI sebagai pelestari lingkungan:
RRI menyelenggarakan siaran Green Radio untuk penanaman kembali dan Re Use, Reduce dan Recycling dengan berbagai format dan variasi bentuk acara.

Peran RRI sebagai media pendidikan:
RRI menyelenggarakan siaran pendidikan dari Taman Kanak-Kanak sampai Mahasiswa. RRI menyelenggarakan Pekan Kreatif dengan mengadakan lomba kreatif remaja seperti lomba cipta lagu, lomba cipta design , lomba IT, lomba band indie, bintang radio, pekan tilawatil quran. Disamping itu juga menyelenggarakan siaran pendidikan social masyarakat, seperti siaran wanita, siaran pedesaan, siaran KB dll.

Peran RRI sebagai Media Diplomasi:
RRI menyelenggarakan siaran radio diplomasi melalui siaran luar negeri untuk membangun citra positif bangsa didunia internasional bekerjasama dengan kedutaan dan radio luar negeri dengan siaran yang bersifat reciprocal . kerjasama siaran dengan ABC , NHK, RTM, RTB, KBS, RTH, SR, BBC, Radio Jedah, Radio Turki, RCI, DW dll.

Peran RRI sebagai media terdepan tanggap bencana:
RRI menyelenggarakan siaran langsung dari tenda darurat melalui Radio Based Disaster Management. Setiap ada bencana dalam waktu tidak lebih dari 24 jam RRI harus sudah melaporkan, kemudian diikuti program Pelipur Lara korban bencana dan trauma healing dengan mendirikan studio darurat.

Peran RRI dalam menghubungkan tenaga kerja di Luar Negeri:
RRI menyelenggarakan siaran rutin dan terkoneksi dengan 7 negara yaitu Hongkong, Malaysia, Brunei Darusalam, Jepang, Taiwan, Korea dan Arab Saudi untuk mendekatkan TKI dengan kampung halaman. Pendengar RRI di luar negeri khususnya TKI berjumlah puluhan ribu orang yang mendengar melalui audio streaming. Dalam rangka mewujudkan peran second track diplomacy menyelenggarakan acara Diplomatic Forum. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia di Luar negeri khususnya tenaga kerja Indonesia antara lain diselenggarakan acara bilik sastra yang diperlrlombakan dan 2 pemenang dihadirkan oleh SLN untuk menghadiri acara upacara kenegaraan 17 Agusdtus di Istana negara dan sidang DPR dan DPD di Senayan.

Peran RRI sebagai media hiburan:
RRI menyelenggarakan siaran hiburan berupa siaran music dan kata, pagelaran musik klasik yaitu orkes symphony Jakarta dan orkes symphony yang dimiliki RRI daerah. Pagelaran kesenian dan budaya, lawak, Quiz dll.

Peran RRI dalam sabuk pengaman informasi (Information Safety Belt):
selama tahun 2009 - 2010 RRI telah mendirikan studio di wilayah perbatasan dan daerah terpencil atau blankspot, antara lain: Entikong, Batam, Nunukan, Putusibaou, Malinau, Atambua, Ampana, Boven Digoel, Kaimana, Skow, Oksibil, Takengon, Sabang dan Sampang. Siaran melalui studio-studio produksi ini ditujukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan memberikan akses informasi yang berimbang bagi masyarakat di daerah perbatasan maupun di daerah-daerah yang sebelumnya tidak dapat menerima siaran RRI atau blankspot.

Jl. Medan Merdeka Barat 4-5 
Jakarta 10270, Indonesia. 

Telp : +62 21 384 9091
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved