7 Tips Utama Meningkatkan Pendapatan Adsense bagi Pemula ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Wednesday, December 6, 2017

7 Tips Utama Meningkatkan Pendapatan Adsense bagi Pemula

Pengembangan Layanan IT - Hai sobat setia pembaca septian.web.id, rasanya sudah sekian lama mimin belum menulis artikel mengenai blogger, oleh karena itu kali ini mimin akan sedikit membahas topik tersebut khususnya di bidang Adsense. Mungkin diluaran sana sangat banyak yang membahas mengenai topik ini, namun isinya kebanyakan sama saja dan berbelit-belit. Nah, kali ini saya akan membagikan sedikit tips dan trik rahasia meningkatkan dan memaksimalkan earning google adsense yang belum banyak diketahui oleh orang kebanyakan. Rahasia Jitu ini murni ditulis berdasarkan pengalaman mimin pribadi.

Cara meningkatkan pendapatan Adsense:

1. Website yang kaya konten
Inilah syarat dasar atau pondasi agar Anda berhasil meraih hasil sepadan dari Google Adsense.

Banyak blogger pemula hanya fokus pada upaya meningkatkan trafik. Mereka menggunakan segala cara untuk meningkatkan trafik blog, tapi kebanyakan tidak bekerja dengan efektif. Karenanya mereka gagal dalam keduanya, meningkatkan trafik blog dan pendapatan Adsense!

Jika Anda termasuk salah satunya, stop! Berhenti sejenak. Karena apa yang Anda lakukan adalah salah.

Untuk meningkatkan pendapatan dari Adsense (terutama bagi blog baru), yang Anda butuhkan adalah blog yang kaya konten berkualitas!

Apa yang dimaksud dengan blog yang kaya konten?

Konten adalah hal yang membuat sebuah blog berhasil. Hampir semua blog hebat yang Anda kunjungi, selamanya penuh dengan konten hebat. Konten mereka lah yang membuat Anda (dan orang lain) terus berkunjung ke sana.

Dengan satu kalimat ringkas: blog yang kaya akan konten adalah blog yang menawarkan solusi terhadap satu masalah, yang Anda dapat melakukan tindakan guna mengatasi atau memperbaiki sesuatu hal.

Bagaimana cara membuat blog yang kaya konten?
  1. Temukan konten di topik yang Anda geluti.
  2. Bertekad menulis secara konsisten dan dalam jumlah banyak.
  3. Promosikan konten Anda kepada target audiens yang tepat.
Dengan memiliki konten hebat dan dalam jumlah banyak, blog Anda akan berkembang dengan semestinya. Blog yang kaya akan konten, juga akan:
Disukai dan mendapat ranking lebih baik di mesin pencari, terutama Google.
Meningkatkan waktu rata-rata kunjungan, dan pada saat bersamaan menurunkan bounce rate. Kedua hal ini otomatis juga akan membantu blog Anda mendapat ranking lebih baik di mesin pencari.
Orang-orang akan mulai mengutip, memberi link serta membagikan konten Anda secara sukarela. Ini membuat blog Anda juga akan mendapat trafik dari blog lain.
Jadi jelas sekali, bahwa sebagai awal dari segala upaya untuk meningkatkan pendapatan Adsense Anda adalah dengan membuat konten berkualitas dan dalam jumlah banyak secara konsisten. Tidak ada strategi apapun lainnya akan berhasil tanpa pondasi utama ini.

2. Posisi iklan sangat menentukan
Aturan Adsense membolehkan Anda memasang 3 unit banner, 3 unit tautan dan 2 unit kotak pencarian di setiap halaman. Bila Anda begitu saja memasang semuanya, seringkali itu tidak akan berhasil. Karena sedikit banyak mengurangi kenyamanan pembaca, hasilnya mereka kemungkinan besar justru tidak akan pernah mengklik iklan yang ada.

Karena itu, posisi adalah hal teramat penting. Bila Anda ingin mendapat klik lebih banyak, letakkan iklan Adsense pada posisi yang tepat.

3. Eksperimen adalah kunci
Saya sudah sangat sering menyampaikan hal ini, bahwa bila ingin meningkatkan hasil dari Google Adsense, Anda harus mau melakukan uji coba.

Lakukan eksperimen dari berbagai aspek unit iklan, mulai dari posisi, ukuran, gaya iklan, warna, font dan sebagainya. Jika selama ini Anda belum pernah melakukan eksperimen secara serius, berarti Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk meraih hasil lebih besar dari Adsense.

4. Desain dan kemudahan navigasi adalah raja
Baiklah, mungkin Anda sudah terlanjur mendengar bahwa konten adalah raja dan tidak membantahnya. Sementara memang konten adalah pondasi dasar yang membentuk sebuah blog yang berhasil, desain yang baik dan memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi seluruh konten blog Anda, juga sangat pantas disebut sebagai raja.

Karena sehebat apapun konten yang Anda miliki, bila desain blog menyulitkan pengunjung menemukannya, maka semuanya akan sia-sia.

Pilihlah theme yang user-friendly, responsif dan bersih. Prioritaskan pada navigasi yang mudah. Buang saja elemen-elemen blog yang tidak penting.

5. Gunakan semua format iklan
Google Adsense menawarkan beberapa format iklan berbeda:
  • Unit banner
  • Unit video / flash
  • Unit teks
  • Unit tautan
  • Unit kotak pencarian
Dari sekian banyak eksperimen yang saya lakukan, membuat atau mengaktifkan unit dengan semua format yang ada, memberi hasil lebih besar dibanding hanya menggunakan salah satu format saja.

6. Sesuaikan warna dan huruf
Melakukan optimasi pada warna iklan (teks tautan, latar belakang dan garis batas), adalah cara mudah untuk meningkatkan CTR. Saya merekomendasikan untuk menyesuaikan warna tautan dan latar belakang agar menyatu dengan desain blog Anda secara keseluruhan.

7. Jangan lupakan pengguna mobile
Lakukan pemeriksaan terhadap blog Anda. Temukan kesalahan dan kekurangan apa yang harus diperbaiki. Gunakan Google Webmaster Tool untuk menemukannya, lalu ikuti petunjuk bagaimana mengatasi error atau masalah yang terjadi. Ini akan membuat blog Anda siap berkembang lebih baik lagi.

Bila Anda belum menggunakan template responsif, maka hari ini juga Anda harus menggantinya dengan yang responsif. Karena tren penggunaan perangkat mobile untuk mengakses website semakin meningkat dan akan terus meningkat di masa yang akan datang.

Dalam hal optimasi Adsense, saya merekomendasikan untuk menggunakan unit iklan responsif, yang akan menyesuaikan ukuran berdasarkan ukuran layar pengguna. Jika tidak, maka Anda melewatkan kesempatan besar untuk meningkatkan pendapatan Adsense.

Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved