Cara Partisi Hardisk Di Windows 8 ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Monday, May 28, 2018

Cara Partisi Hardisk Di Windows 8

Pengembangan Layanan IT - Bagaimana cara membagi partisi hardisk eksternal maupun internal di windows 8/8.1? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan masyarakat pemula yang baru menggunakan windows 8.

Sebenarnya cara membuat partisi hardisk di windows sama saja namun letaknya saja yang berbeda karena update windows selalu pada segi tampilan.

Manfaat membagi partisi hardisk eksternal maupun internal di laptop/komputer adalah kita lebih mudah memanage data seperti data dalam folder, selain itu kita lebih mudah juga dalam mencari sebuah data. Lantas bagaimana cara membagi partisi hardisk 500gb menjadi 2 – 3 partisi bahkan lebih? Mari kita simak pada berikut ini.

Alat dan Bahan
Perangkat Komputer
System Operasi Windows 8
Disk Menejemen
Cara :
  • Setelah anda menyiapkan alat dan bahannya pertama yang dilakukan nyalakan computer
  • Langkah kedua buka Disk Management dengan cara masuk ke Desktop (Start + D) arahkan mouse anda ke kanan pojok bawah Klik kanan Pilih Disk Management (Untuk cara cepatnya gunakan Run  Ketik "diskmgmt.msc" dalam kotak teks dan tekan Enter)
  • Setelah tampilan Disk Management muncul. Maka yang pertama harus anda lakukan adalah klik kanan drive primary dan pilih "Shrink Volume."
  • Silahkan isi jumlah yang anda inginkan (menambah dan mengurangi) memasukkan jumlah hard disk yang akan dikecilkan dengan estimasi 1000 megabyte = 1 gigabyte.
  •  Untuk melihat partisi yang belum digunakan / load maka anda akan melihat warna hitam pada partisi tersebut
  •  Klik kanan  pada drive / ruang yang bewarna hitam kemudian pilih "New Simple Volume"
  • Setelah itu akan mucul “New Simple Volume Wizard”  dan atur berapa besar Drive yang akan dibuat di pilihan “SimpleVolume Size” > Next > Next
  • Masuk ke jendela Format Partition (File System : NTFS, Alocation Unit Size : Default, tandai “Perform a quick format”) > Next > Finish
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved