Cara Mempercepat Loading Blog ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Tuesday, June 5, 2018

Cara Mempercepat Loading Blog

Pengembangan Layanan IT - Kali ini admin akan membahas tentang Cara Mempercepat Loading Blog, Sebelum mengulasnya secara lebih lanjut, perlu kiranya kita sadari bahwa sebuah blog dengan platform blogger atau blogspot pada dasarnya adalah merupakan sebuah "subdomain" dan bukan "domain utama", sehingga untuk beberapa fasilitas tidak dapat sebebas domain utama.


Hal yang dibatasi adalah masalah "leverage cache browser" karena semua itu telah diatur oleh Google sebagai pemilik Blogger.com, dan kita sebagai pengguna (gratis) tidak berhak mengaturnya.

Masalah leverage cache browser ini merupakan salah satu kendala untuk mempercepat loading sebuah blog (khusus untuk platform blogger), dan kita sebagai pengguna platform blogger tidak bisa mengatur secara lebih luas dan bebas, kita hanya bisa mencari solusi-solusi lain,

 Hal-hal yang paling mudah dilakukan untuk mempercepat loading blog ini adalah :
  • Tampilkan maksimal 4 postingan blog pada halaman utama (homepage) blog, dengan memanfaatkan fitur auto readmore.
  • Jangan menampilkan widget-widget terlalu banyak pada halaman homepage, termasuk widget Alexarank sekalipun (kecuali memang dirasa penting).
  • Jangan menampilkan iklan-iklan pada halaman homepage ini, kecuali memang merupakan sebuah keharusan dan untuk itu gunakan gambar-gambar yang telah teroptimasi secara baik.
  • Hilangkan kode-kode CSS maupun Javascript yang memblokir render, namun hal ini perlu anda lakukan secara hati-hati karena dapat menyebabkan kerusakan tampilan blog maupun beberapa fitur menjadi tidak berfungsi.
  • Jangan menggunakan widget-widget bawaan default-blogger dan sedapat mungkin gantilah dengan widget-widget buatan blogger lainnya.
Setelah anda melakukan ke-lima hal tersebut di atas, test atau ujilah kecepatan loading blog anda dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight dan GTMetrix, lihatlah hasilnya, dan bilamana anda belum merasa puas, silahkan melanjutkan ke langkah-langkah berikut ini.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved