Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Wednesday, October 17, 2018

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur

Pengembangan Layanan IT - Apabila kalian menghidupkan atau menyalakan komputer dengan prosedur yang benar maka akan mencegah kerusakan pada computer dan dapat memperbaiki kinerja computer baik itu dari sisi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Cara Menghidupkan Komputer Sesuai Prosedur
  1. Hubungkan Power Supply dengan Sumber Arus komputer
    Untuk menghubungkan power supply dengan sumber arus listrik, gunakanlah kabel power. Dan Pastikan juga kabel power tersebut dengan benar dan tepat terhubung dengan arus listrik.

  2. Prosedur Menghidupkan Komputer
    Sebelum lebih jauh dalam mengoperasikan komputer, terlebih dahulu kita harus mengetahui prosedur menghidupkan komputer dengan benar. Jika prosedur tersebut tidak dilakukan secara benar, akan berakibat kerusakan pada software dan hardware komputer. Hal yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:

    • Pastikan bahwa sistem unit komputer telah terangkai dengan benar.

    • Pastikan bahwa unit komputer telah terhubung secara benar dengan arus listrik.

    • Pastikan pula tidak ada disket pada Floppy drive.

    • Hidupkanlah komputer dengan cara menekan tombol ON (power) pada CPU dan nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor.

    • Tunggulah beberapa saat sampai komputer selesai melakukan proses booting.

    • Setelah booting selesai, komputer akan menampilkan layar dekstop sebagai tanda komputer siap untuk digunakan.

Tips Agar Komputer Tidak Mudah Rusak
  1. Menghidupkan komputer harus dilakukan dengan benar. Usahakan tidak terlalu sering menghidupkan komputer. Karena menghidupkan komputer beberapa kali sehari akan menimbulkan kerusakan pada komponen komponen komputer dibandingkan dengan menghidupkan sehari penuh.

  2. Berilah jeda waktu kira-kira 15 sampai 30 detik pada komputer, biarkan komputer melakukan istirahat ketika komputer dimatikan dan akan dihidupkan kembali. Dan berilah komputer waktu beberapa saat untuk menyelesaikan proses booting sehingga dengan ini kerusakan pada komponen komputer baik dapat terhindar.

  3. Jangan tergesa-gesa
    Menghidupkan komputer tergesa-gesa akan memberi tekanan berat pada sistem mekanis hardrive. Piringan hardisk yang awalnya stabil mungkin akan bergerak dengan cepat. Akhirnya terjadi fatal error yang merugikan kalian.

Itulah Cara menghidupkan komputer sesuai prosedur, semoga dengan membaca artikel di atas anda bisa lebih memahami pemakaian komputer dengan benar. Silahkan download  artikel diatas pada link dibawah ini.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved