Sejarah Berdirinya Email di Indonesia ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Monday, May 14, 2018

Sejarah Berdirinya Email di Indonesia

Pengembangan Layanan IT - Sejarah email di Indonesia selalu terhubung dengan teknologi internet. Tuliskan tentang keberadaan jaringan internet di Indonesia Anda bisa melihat artikel di beberapa media massa. Misalnya â € œNetwork Murah Murah Menggunakan Radioâ €? dalam edisi Kompas November 1990. Saat pertama kali mencari, internet di indonesia tiba sebelum artikel di Kompas dibuat.
Sejarah Email di Indonesia
Kemungkinan masuk internet di indonesia sejak tahun 1980an. Sekitar tahun 1988, pengguna internet yang menggunakan CIX dari Inggris dan Compuserve diciptakan di Amerika Serikat untuk mengakses Internet. ENIX menawarkan layanan email dan newsgroup, dan menawarkan HTTP dan FTP.

Compuserve memiliki uang yang sama, pada tahun 1989 ada layanan yang sama. Pengguna internet kemudian menggunakan modem 1200 bps dan menggunakan ponsel internasional yang sangat mahal.  Compuserve sedikit berbeda, mereka menggunakan modem yang didistribusikan ke gateway infonet yang berada di Indonesia, berbasis di Jakarta.
Alamat protokol internet pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206 / 24) yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Pada tahun 1994, penyedia layanan Internet komersial pertama (ISP) pertama kali hadir di Indonesia, IndoNet.

Selama bertahun-tahun, Internet di Indonesia telah berkembang pesat sampai saat ini, kita bisa menikmati internet di rumah. Lalu tanya, kapan email pertama muncul atau riwayat emailnya dimulai di indonesia?

Dalam sebuah artikel berjudul "The Early Saga Mailing List di Indonesia, Rahmat M. Samik Ibrahim mengungkapkan bahwa pada tahun 1980 ada naskah yang bisa mengirim pesan atau email ke semua staf di komputer komputer mini Center Ilmu Komputer Universitas Indonesia (PUSILKOM UI ) yang menggunakan data umum berbasis Advanced Operating System / Virtual Storage (AOS / VS).

Ada banyak catatan di beberapa UI akademik, yaitu Johny Moningka dan Jos Luhukay pada tahun 1983 yang mengembangkan pesan Unix dan ethernet. Ini bisa menjadi sejarah email pertama di Indonesia, meski mungkin bisnis dunia di Indonesia telah menggunakan email sejak lama.

Pada tahun 1980an sampai akhir 1990an, daftar putar telah populer bagi banyak orang. Daftar militer digunakan untuk fasilitas komunikasi siswa di luar negeri dan fasilitas komunikasi untuk berbagai komunitas di Indonesia. Daftar mailing list seperti jaringan sosial hari ini.

Milis adalah kelompok diskusi di internet. Siapapun bisa berlangganan dan mendiskusikannya. Ada satu alamat email khusus yang bila Anda mengirim pesan ke alamat maka pesan Anda akan diteruskan ke semua anggota milis. Mengharapkan sebuah mailing list membuktikan bahwa penggunaan email telah berkembang di Indonesia saat itu.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved