Mau Semangat Ngeblog? Ini Tips Biyar Kamu Semangat Lagi ~ Pengembangan Layanan IT
WELCOME ►►Selamat datang di blog saya. Semoga mendapatkan informasi terbaik sesuai kebutuhan Anda. Salam...admin!!!

Sunday, June 3, 2018

Mau Semangat Ngeblog? Ini Tips Biyar Kamu Semangat Lagi

Pengembangan Layanan IT - Kali ini admin akan membahas tentang cara membangkitkan semangat Ngeblog, di bawah ini saya ambil dari beberapa referensi motivasi dan pengembangan diri secara umum, serta juga dari berdasarkan pengalaman pribadi sendiri, sehingga sangat pas untuk di terapkan pada diri Anda.

Pahami Niat Anda Ngeblog

Cari tahu untuk apa Anda bekerja, apakah hanya untuk diri sendiri, orang lain ataukah untuk beribadah kepada Tuhan?.

Jika niat Anda adalah karena materi alias uang, maka Anda akan selalu terpaku pada uang itu tanpa memikirkan untuk memperbaiki kualitas dari setiap artikel yang kalian buat.

Namun apabila niat Anda Ngeblog adalah karena Allah, maka Anda akan memiliki keyakinan dalam diri kita untuk melakukan segala sesuatu dengan cara yang paling baik, sehingga kita itu hanya mengharap ridho dari Sang Illahi semata.

“Inna a’malu binniat”, segala sesuatu itu dimulai dari niat, jadi apabila niat kita baik maka hasilnya baik, apabila niat kita buruk maka hasilnya buruk juga. Seperti peribahasa bahwa kita tidak akan memanen padi apabila yang kita tabur itu benih rumput.

Jadi mulai saat ini, kita ngeblog itu jangan hanya melihat dari sisi luar saja (keuntungan dalam bentuk materi), tapi juga harus bisa melihat dari seberapa orang lain mendapatkan manfaatnya dari apa yang telah kita tulis, bukan malah membuat pengunjung kecewa karena datang ke blog kita.

Yang penting tanamkan niat untuk mencari ridho Allah dalam hati kita, niscaya kita akan diberi jalan yang terbaik nantinya. Hal ini juga menuntun kepada kita untuk bekerja secara Ikhlas, sehingga tidak merasa terbebani oleh suatu apapun.

Tanamkan tujuan, harapan, dan cita cita ngeblog Anda

Kita hidup harus punya tujuan, punya impian dan cita cita yang harus kita capai dan juga terwujud, jadi kita bisa memiliki prioritas dalam setiap tindakan untuk bisa melakukan apa yang harus didahulukan dan apa yang kurang penting bisa kita tinggalkan.


Ini sama halnya dengan kita ngeblog, kita juga butuh sesuatu yang bisa dilakukan berdasarkan tujuan awal kita. Sehingga kita punya rencana dan strategi yang tepat dari setiap tindakan kita untuk meraih tujuan awal itu. Jangan hanya kita biarkan mengalir begitu saja tanpa suatu strategi, karena kita akan hanyut didalamnya.

Membuat suatu visi misi bagi seorang blogger itu adalah sebuah hal yang sangat baik, kita jadi bisa selalu kembali kepada visi misi itu apabila ada sesuatu yang melenceng jauh dari tujuan awal. Sehingga kita tak akan tersesat lebih jauh yang akan membuat harapan tak akan pernah terwujud.

Buat suatu tujuan Anda ngeblog, misal agar bisa mendapatkan uang dari blog itu sendiri, jadi sebelum kita bisa mendapatkan uang itu, kita terus berusaha pantang menyerah sebelum semuanya itu terwujud.

    Buat tujuan dan selalu fokus pada tujuan adalah salah satu cara membangkitkan semangat ngeblog yang paling baik

Hindari apa saja yang merusak semangat ngeblog Anda

Mungkin malas, pesimis, mudah putus asa, kekuatan fisik yang kurang prima, mood yang buruk, karena banyak urusan, dan sebagainya adalah banyak alasan bagi diri kita sendiri untuk bisa berhenti ngeblog. Karena rasa rasa seperti itu kadang hilang kadang cepat meresap ke dalam jiwa kita sehingga semangat ngeblog berkurang alias ngedrop.

Cara membangkitkan semangat ngeblog untuk masalah ini adalah dengan cara mengontrol serta menghancurkan rasa itu sendiri dengan berani melawannya, jangan hanya kita biarkan melekat dan menyatu terhadap kehidupan kita. Kita harus berani menyikapi hal ini.

Misalnya kalau kita malas, kita bisa menghancurkan kebiasaan malas itu dengan mencoba untuk memaksa diri kita sendiri untuk menulis dan menulis, pasti semangat ngeblog akan bangkit kembali apabila rasa malas itu telah terkalahkan oleh kebiasaan disiplin diri kita.

Misalnya juga kita seringkali mudah putus asa karena tidak sesuai rencana dan kurang kesabaran. Misal ” sudah punya 100 artikel kok belum bisa menghasilkan apapun, ah jadi malas.” Nah sikap kita yang mudah menyerah dan tidak percaya diri terhadap apa yang kita kerjakan adalah salah satu penyebab kenapa kita tidak memiliki semangat ngeblog lagi.

Maka dari itu, cobalah untuk menganalisis apa saja yang membuat diri kita turun semangatnya, lalu kita coba buat suatu trik agar bisa menghilangkan penyebabnya tersebut. Jadi sebisa mungkin kita harus bisa menghindari dan menghancurkan penyebabnya itu.

Selalu Optimis serta percaya bahwa Anda mampu dan bisa

Banyak blogger yang tidak percaya akan kemampuan dirinya sendiri, entah itu karena apa tapi mereka menjadi pasrah begitu saja saat kenyataan menghampirinya. Mereka tidak mau lagi mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dengan membiarkannya terbengkalai di tengah jalan.

Namun kepercayaan pada diri sendiri bahwa kita mampu untuk berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan kita itu adalah hal yang paling dibutuhkan untuk sampai ke harapan Anda sendiri, karena orang lain belum tentu bisa mengantarkan Anda kepada kesuksesan. Diri Anda sendirilah yang memiliki suatu alat untuk mengantarkan Anda ke puncak kesuksesan.

Banyak blogger yang psimis untuk bisa seperti blogger sukses lainnya. Mereka tidak pernah tahu bahwa dibalik kesuksesan seorang blogger sukses itu penuh pengorbanan, perjuangan dan kerja keras yang melelahkan. Jadi itu bukanlah suatu usaha yang dapat terjadi dalam sehari saja, melainkan dari kepercayaan dirinya bahwa dia bisa sukses.

Jadi untuk bisa membangkitkan semangat ngeblog dalam diri kita semua, maka yang harus kita lakukan adalah menjalin kepercayaan kepada diri kita sendiri, kemampuan kita sendiri dan kekuatan kita sendiri, sehingga dari sinilah kesuksesan yang selama ini kita nanti nantikan akan dapat terwujud dengan mudah.

Contohlah mereka yang terlebih dahulu sukses, sehingga kamu bisa melakukan apapun sesuai dengan caranya, lalu kamu lakukan lebih banyak hal dengan optimisme yang menggebu-gebu. Niscaya tujuan Anda akan segera terlaksana dengan lancar.

Perhatikan kenyamanan lingkungan sekitar Anda

Membangkitkan semangat ngeblogCara membangkitkan semangat ngeblog selanjutnya adalah dengan memperhatikan kenyamanan Anda ngeblog itu sendiri. Jangan remehkan hal kecil ini, karena ini bisa membuat kamu cepat merasa bosan dan malas malas jadi ngeblog.

Perhatikan ruangan Anda, tempat duduk Anda, posisi Anda, kebersihan lingkungan sekitar, kebisingan, dan juga Apakah Anda merasakan kedamaian disitu atau justru malahan merasa bosan. Ini penting untuk menjaga kamu agar merasa selalu nyaman karena tubuh fit dan juga penuh rasa damai. Jadi sehat secara jasmani maupun rohani (fisik maupun psikis).

Misal kalau kamu bosan dengan tempat ngeblog yang hanya di kamar, kamu coba pindah keluar ruangan seperti di tempat terbuka di pantai yang sejuk, atau di kebun belakang rumah yang asri, dan bisa juga kumpul bareng teman untuk ngeblog bareng di suatu tempat nongkrong atau di rumah temen. Dengan saling bertemu kita bisa bertukar pikiran dan informasi serta inspirasi antara yang satu dengan yang lain, sehingga semangat ngeblog kita bisa bangkit kembali.

Selalu menjadikan tempat ngeblog Anda merasa nyaman dengan kondisi yang tidak pernah bikin bosan, maka ini bisa memicu mood menulis Anda lebih baik lagi. Jadinya selalu terpicu untuk bisa ngeblog setiap waktu apabila tempatnya bagus dan nyaman bukan?.

Kuasai Kelebihan yang Anda miliki

Kuasai Kelebihan Anda?, Apa maksudnya dan apa hubungannya dengan membangkitkan semangat ngeblog?**

Maksudnya adalah dengan kita melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kelebihan yang kita miliki, maka kita akan merasa senang dan lebih ikhlas dalam menjalaninya, sehingga kita tidak pernah patah semangat lagi dalam hal ini.

Kita tentunya tahu bahwa kadang saat kita diberi pekerjaan yang ringan dan mudah walaupun kita bisa tapi kita tidak semangat menjalaninya, karena kita tidak senang akan hal itu, bisa jadi karena kemampuan kita tidak bisa tercurahkan dalam hal itu juga. Namun saat kita diberi pekerjaan yang menantang dan berat, kita bisa jadi merasa semangat untuk menjalankannya, karena ada dasar rasa suka dan kita bisa melatih dan mengembangkan kemampuan kita saat kita menghadapi pekerjaan itu juga.

Jadi bekerjalah kepada pekerjaan yang kita kuasai dan kita senangi, Jangan sampai kita merasa tertekan, dan membunuh kemampuan kita sendiri. Jadilah orang yang bebas, jangan mudah tertekan oleh orang lain termasuk atasan Anda.

Nah para blogger itu sebenarnya jika memang dari dalam hati sanubarinya memiliki bakat dan kemampuan menulis yang bagus, maka itu bukan hal jadi beban, mereka justru semakin mengasah kemampuan yang dikuasainya tersebut untuk terus aktif dan berkembang menjadi lebih baik lagi, bahkan selalu berusaha menjadi yang terbaik dengan karya karya yang ditulisnya yang dihasilkan dari minatnya itu sendiri.

Memang sih uang itu menjadi tujuan utama juga, tapi bagaimanapun juga jika yang kita kejar terus menerus itu uang dan uang yang bersifat material semata, maka kita akan terus berlanjut mengejar itu. Namun jika yang kita kejar itu kebahagiaan, itu akan membuat uang datang sendiri kepada kita walaupun tak diundang.

Jadi percayalah pada kemampuan diri sendiri, selalu mencari kebahagiaan yang diutamakan bukan uang saja dan terus menerus melatih kemampuan yang dikuasainya itu, maka kamu bisa segera menjadi blogger sukses yang selalu memiliki semangat membara setiap saat.

Selalu Fokus terhadap apa yang Direncanakan


Fokus fokus dan fokus! Itulah kata kata yang sering diucapkan oleh seseorang untuk membuat dirinya lebih bisa berkonsentrasi terhadap apa yang sedang ia lakoni. Dengan selalu merasa fokus, maka segala yang kita inginkan akan mudah tercapai, sehingga kita selalu bersemangat dalam setiap tindakan kita.

Memang fokus ini menjadi cara membangkitkan semangat ngeblog bagi seorang blogger, namun ini tak semudah yang diucapkan, dalam kenyataannya, ada banyak sekali halangan dan rintangan yang bisa kita temui suatu saat. Karena pekerjaan seorang blogger itu bukan hanya di dunia maya tapi ada segudang pekerjaan yang harus ia lakoni, mulai dari mengurus rumah tangga, menyelesaikan masalah ini, menyelesaikan masalah itu, bayar ini bayar itu dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang membuatnya fokus pada ngeblog itu hilang.

Tentukan target dan batas waktu kerja

Menentukan target dan batas waktu ngeblog Anda dengan terstruktur juga bisa membangkitkan semangat ngeblog Anda loh, Hal ini karena akan memicu jiwa Anda untuk selalu bisa mencapai target yang telah Anda buat. Misal hari ini ” saya harus bisa membuat 5 artikel sebelum pukul 3 sore”, nah hal itulah yang akan memicu semangat Anda sendiri untuk bisa mencapai target sebelum batas waktu berakhir.
Share:
Copyright © Pengembangan Layanan IT Design By Nala Sumarna - All Rights Reserved